JUAL PEREDAM SUARA HOME THEATRE

Ruangan Yang Kedap Suara, Perlukah?

BERISIK

Pada masa kini, kebutuhan setiap keluarga semakin meningkat, tidak terkecuali dengan kebutuhan akan hiburan dan teknologi. Perangkat audio-visual seperti hometheatre set telah membanjiri pasaran dan memudahkan kredit bagi pembeli sehingga sangat mudah untuk didapatkan. Tanpa pikir panjang, kita berpikir ”Kenapa tidak?”, kita membelinya dengan harapan bahwa dengan anggaran terjangkau kita sudah dapat memiliki fasilitas layaknya bioskop pribadi di rumah – hometheatre.

Home Theatre di Ruang Keluarga
Namun ketika hometheatre telah diboyong dari mal kesayangan, persoalan berikutnya muncul saat kita belum memikirkan detail ruangan yang akan dipakai. Masih mungkinkah perangkat hometheatre tersebut akan diletakkan di ruangan keluarga yang mungkin selama ini terbuka saja dan langsung berbatasan dengan dapur? Atau diletakkan pada lemari kayu yang menjadi tempat pajangan?Atau pada akhirnya, kita meletakkannya pada kamar tidur utama?

home theatre
Memang, untuk mendapatkan hiburan menonton yang maksimal untuk keluarga adalah dengan ruangan kedap suara.Hal ini sangat berpengaruh ketika privasi menjadi bagian yang penting bagi anggota keluarga. Terlebih lagi ketika ruang keluarga kita berbatasan langsung dengan rumah tetangga.Kita tidak mau mendapatkan komplain dari tetangga di malam hari ketika sedang asyik menonton bersama anak-anak?

Kunci utama dari permasalahan tersebut terletak pada kualitas dinding.Tentu saja, karena dinding adalah permukaan yang langsung membatasi satu ruangan dengan ruangan lainnya. Dibandingkan dengan atap dan lantai, dinding menjadi lebih signifikan dalam peningkatan kualitas akustik ruangan karena tidak memiliki lapisan-lapisan pendukung, seperti pada plafon pada bagian atap dan plesteran untuk dinding tidak setebal pada pelat lantai.

Berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa teknik yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas akustik dinding pada ruangan keluarga Anda sehingga kedap suara.

  • Cara konvensional

Pada cara konvensional, dinding tembok dilapisi dengan material semacam wol yang berserabut dan kemudian ditutup dengan lapisan karpet.Teknik seperti ini sering dipakai pada studio-studio musik dan rekaman.Sayangnya, lapisan karpet memiliki pori-pori yang kurang rapat dan sangat memungkinkan tersimpannya debu.Karena itu, material seperti ini sering menimbulkan alergi pada pernapasan, dan tentunya dapat merugikan kesehatan bagi anggota keluarga.

  • Penggunaan material yang hypoallergenic

Spons adalah salah satu material yang lebih dianjurkan untuk pengisi area kedap suara. Dibandingkan dengan material karpet, spons lebih kuat untuk menyerap pemantulan suara yang ditimbulkan oleh loudspeaker pada hometheatre.Material spons juga terbuat dari bahan sintetis yang tidak mudah lapuk sehingga lebih awet dan tahan lama. Dengan karakteristik demikian, spons dapat menjadi material pelapis dinding yang baik untuk meredam suara.

  • Penggunaan lapisan pengisi atau ruang kosong pada partisi ganda

Apabila memungkinkan untuk menambah ruangan, dinding partisi dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk meningkatkan kualitas akustik ruang di rumah Anda.Ketebalan dan jenis material sebuah dinding partisi merupakan 2 hal yang paling menentukan tingkat kedap suara ruangan tersebut.Semakin tebal dinding partisi, maka makin kedaplah ruangan tersebut. Cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketebalan sekaligus menghemat material yang digunakan, adalah dengan prinsip rongga di antara partisi.Ini berarti memberikan jeda pada dua lapisan partisi, sehingga tercipta ruang kedap udara yang dapat menyimpan pantulan suara secara maksimal.

Demikian pula makin renggang pori-pori sebuah material, maka pantulan suara semakin tidak terdengar di ruangan tersebut. Dinding Partisi yang disarankan adalah dinding gypsum atau hardboard. Jenis partisi lain yang juga dapat digunakan adalah partisi kaca. Partisi kaca yang diletakkan di antara ruangan tidak hanya memberikan keleluasaan visual namun juga selalu berhasil untuk mengurangi intensitas suara yang dihasilkan oleh loudspeaker ke ruangan di sebelahnya. Kaca juga termasuk material yang tidak menimbulkan alergi.

Penggunaan beberapa jenis cat yang kedap suara Apabila cara-cara yang telah dituliskan di atas Anda rasa agak terlalu berlebihan untuk dapat meningkatkan kualitas akustik ruang keluarga Anda, jangan khawatir. Akhirnya ada satu cara yang cukup sederhana dan dapat segera Anda lakukan untuk segera menghadirkan bioskop pribadi bagi hiburan sekeluarga, yaitu dengan mengecat ulang dinding ruangan Anda dengan beberapa jenis cat yang kedap suara. Hanya saja kekurangan dari pengecatan seperti ini lebih dimaksudkan bagi ruangan yang setidaknya tertutup oleh tiga bagian dinding untuk hasil yang paling maksimal. Selamat mencoba!

Bagi anda yang ingin MEMESAN PEREDAM SUARA RUANGAN kami menyediakan peredam suara ruangan dengan bahan peredam healthywool yang menyehatkan.

Kami sudah memasok dan mengirim ke suluruh kota di nusantara Indonesia antara lain Sabang, Aceh, Medan, Riau, Palembang, Padang, Solok, Tanjung, Pinang, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Kerawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Gerobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Purwodadi, Rembang, Tuban, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Surakarta, Tegal, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Bangkalan, Banyuwangi, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Lamongan, Lumajang, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Palangkaraya, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Makasar, Manado, Palu, Kendari, Bitung, Gorontalo, Palopo, Baubau, Parepare, Kotamobagu, Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Denpasar, Kupang, Bima, Lombok, Sumbawa, Mataram, Flores, Jayapura, Marauke, Nabire, Mimika, Sumatra, DKI, DIY Yogya, Jogja, Yogyakarta, Madura, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Ntt, Ntb, Madura, Papua, Sleman, Wates, Gunungkidul, Purworejo, Bantul, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Irian Jaya, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Timur, Tanjung Selor, Solo.

 

One Comment:

  1. Hi, its nice paragraph concerning media print, we all be aware of media is a enormous source of facts.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>